Maintenance Jaringan Komputer

|| || || Leave a komentar

Maintenance Jaringan Komputer

Maintenance Jaringan Komputer
Teknologi yang semakin meningkat di era sekarang, membuat sebagian besar pekerjaan yang kita lakukan membutuhkan instalasi jaringan komputer yang baik guna berjalannya kelancaran sebuah bisnis atau usaha. Pengertian jaringan komputer adalah Sebuah jaringan yang saling terhubung pada setiap clients dan server. Bagaimana cara merawatnya jaringan komputer anda? Sebelumnya baik itu pengguna maupun administrator jaringan harus mengetahui cara merawat jaringan komputer dengan benar, terutama untuk para administrators. Cara merawat jaringan komputer tidaklah mudah, harus mengetahui proses dan tahapan-tahapan bagaimana proses jaringan komputer tersebut berjalan pada setiap system,  program atau software dan hardwarenya.

Maintenance Jaringan Komputer

Untuk menjaga dan merawat jaringan komputer secara rutin diperlukan, kita harus mengetahui beberapa perangkat keras yang ada dalam jaringan komputer tersebut seperti komputer server, komputer client, HUB/Switch, router, kabel jaringan, serta konektor-konektor lainnya. Dalam beberapa komponen tersebut di atas, perlu untuk dijaga dan dirawat agar jaringan yang sudah terpasang benar-benar berfungsi dengan baik. Berikut tips untuk merawat jaringan komputer:
  1. Perawatan Komputer Server
Komputer server merupakan pusat kendali bagi komputer client, dimana komputer server selalu melayani permintaan dari client secara terus menerus. Perawatan pada server sangat penting karena server merupakan pusat  penyimpanan data-data pada client. Dimana perlu dilakukan data backup secara berkala, bisa 1 bulan sekali, 1 minggu sekali, atau 2 hari sekali. tergantung dari kinerja server itu sendiri. Itu dilakukan karena server bekerja 24 jam nonstop. Jika perlu, komputer server harus memiliki server backupan atau pengganti, agar jika terjadi kerusakan pada komputer server utama maka akan ada penggantinya.
  1. Perawatan Pada Switch
Switch merupakan salah satu perangkat dalam jaringan komputer yang berfungsi sebagai perantara dalam suatu jaringan komputer. Jika terjadi kerusakan pada Switch, maka jaringan komputer tidak akan bisa berkomunikasi antara server dengan client maupun client dengan client. Sebaiknya kinerja Switch harus di cek ecara berkala, dan tempatkan Switch di tempat yang tidak berdebu dan suhu yang dingin agar Switch dapat bekerja secara optimal.
  1. Perawatan Kabel Jaringan
Kabel jaringan mempunyai peranan yang sangat penting dalam sebuah jaringan komputer karena tanpa adanya instalasi kabel jaringan maka tidak akan tercipta sebuah jaringan komputer. Biasanya kerusakan pada kabel jaringan terjadi karena posisi penempatan kabel tidak terlindungi dari binatang pengerat seperti tikus, jika kabel sudah sobek atau rusak karena digigit tikus maka akan mempengaruhi kinerja jaringan bahkan sampai tidak konek ke internet jika kerusakan kabel sudah parah.
  1. Perawatan Komputer Client
Pada dasarnya komputer client tidak terlalu memiliki peran penting dalam jaringan seperti komputer server. Karena jika terjadi kerusakan pada satu komputer client maka tidak akan terpengaruh pada komputer client lainnya. Tetapi komputer client juga harus tetap dijaga dan dirawat secara berkala, misalnya melakukan defragment, membersihkan temporary file, scanning virus,  menghapus file installer yang masih tertinggal atau tidak ter uninstall dengan baik.
Secara garis besar 4 cara maintenance jaringan komputer diatas adalah hal-hal yang dilakukan untuk jasa perawatan jaringan komputer semoga artikel Maintenance jaringan komputer ini sedikit banyak membantu langkah-langkah dasar yang harus dipahami oleh seorang IT support yaitu bagaimana cara merawat jaringan komputer agar jaringannya dapat bekerja secara maksimal
/[ 0 komentar Untuk Artikel Maintenance Jaringan Komputer]\

Posting Komentar