Cara Menghemat Tinta Printer

|| || ,,, || Leave a komentar

Cara Menghemat Tinta Printer - Hallo selamat pagi sahabat GuiLKo semuanya, jumpa lagi. Semoga disetiap pertemuan artikel-artikel ini tidak lantas untuk membuat anda merasakan bosan dan jenuh. Tetap setia bersama GuiLKo ya !!. Dan untu kali ini kita akan membahas mengenai cara menghemat tinta printer. 
Printer merupakan sebuah perangkat output yang digunakan untukmencetak hasil dari sebuah dokumen. Kehadiran printer memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama para pelajar, mahasiswa, dan pegawai kantor. Kehadirannya membawakan banyak manfaat bagi manusia. Dengan adanya printer, kita akan dipermudah untuk mencetak sebuat dokumen.
Printer boleh dikatakan telah menjadi kebutuhan pokok dikalangan masyarakat, terutama pelajar dan mahasiswa. Pelajar sangat membutuhkan printer untuk mencetak hasil kerja atau mencetak tugas-tugas, dan untuk mahasiswa pasti sangat banyak sekali kegunaan dari printer ini, salah satunya adalah untuk mencetak dokumen-dokumen skripsi.
Biasanya pemakaian tinta yang tidak teratur akan membuat tintanya cepat habis (boros). Lalu bagaimana cara untuk menghemat tinta printer ?? berikut redaksi GuiLKo bahas semuanya secara lengkap, silahkan simak di bawah ini :
  • Lakukanlah print preview sebelum melakukan pencetakan
Print preview merupakan sebuah menu yang digunakan untuk melihat terlebih dahulu layar kerja sebelum nantinya dicetak. Print preview sangatlah penting, karena kita bisa mengecek kesalahan penulisan dan kesalahan lainnya terlebih dahulu sebelum dokumen dicetak.
  • Gunakan jenis font yang hemat tinta
Ada banyak sekali jenis font yang bisa digunakan pada komputer atau laptop. Maka sebaiknya gunakanlah jenis font yang tipis dan tidak terlalu tebal. Karena dengan menggunakan font yang tipis, nantinya tinta yang dihabiskanpun menjadi lebih sedikit.
  • Gunakan mode DRAFT
Apabila printer anda menggunakan mode DRAFT ini, maka tentunya printer akan bisa menghemat banyak biaya dan juga banyak waktu. Selain itu dengan mode DRAFT ini, anda bisa mempercepat proses pencetakan sebuah dokumen, karena pada mode draft ini secara otomatis huruf (font) yang digunakan akan berjenis tipis dan secara langsung juga akan dapat menghemat tinta printer anda. Untuk pembuatan mode DRAFT dapat dilakukan dengan cara ini, yaitu pilih Properties pada layar printer yang sedang digunakan > selanjutnya pilih Printing Shortcut > Print Quality > Fast Draft pada kotak dialog Print.
  • Meningkatkan kecerahan gambar
Pencetakan sebuah dokumen tentunya bukan saja dalam bentuk teks, tetapi juga bisa mencetak dokumen dalam bentuk file gambar yang tentunya akan menghabiskan banyak tinta ketimbang mencetak dokumen teks biasa. Maka ada sebuah trik yang digunakan untuk mencetak gambar tetapi hanya menghabiskan tinta yang sedikit, yaitu dengan cara memperpesar tingkat kecerahan gambar yang akan dicetak. Karena gambar yang lebih cerah akan menghabiskan tinta yang lebih sedikit dengan gabar yang gelap dan solid. Untuk selanjutnya silahkan buktikan sendiri ketangguhannya, hehe.
  • Menggunakan mode grayscale
Sistem kerja cara ini adalah dengan mengubah tulisan yang berwarna hitam solid menjadi warna abu-abu. Dengan menggunakan mode seperti ini, nantinya penggunaan tinta hitam bisa sedikit lebih hemat.
  • Mencetak beberpa dokumen dalam selembar kertas
Tips yang paling efektif adalah dengan cara  mencetak beberapa dokumen sekaligus dalam selembar kertas. Apabila biasanya anda mencetak dokumen menggunakan empat lembar kertas, maka untuk menghemat tinta dan kertas, dokumen sebaiknya dicetak dalam satu lembar kertas saja. Dan apabila terlalu kecil, bisa juga dengan menggunakan dua lembar kertas saja. Untuk cara menggunakannya, anda tinggal merubah pengaturan pada menu print, kemudian pilihlah opsi 2 pages per sheet, dan selesai deh.
Melakukan penghematan tinta ini penting untuk dilakukan agar nantinya kita tidak direpotkan untuk mengisi ulang tinta tersebut dan juga untuk menghemat biaya. Mau hemat karena ingin naik haji, heha.
Sekian artikel mengenai cara menghemat tinta printer, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman-teman dan juga dapat menambah informasi dan pengetahuan teman-teman. Jangan lupa dishare ya agar bermanfaat juga buat orang banyak. Terimakasih telah berkunjung diblog ini.
/[ 0 komentar Untuk Artikel Cara Menghemat Tinta Printer]\

Posting Komentar